Home Kiprah Anggota Dewan Aleg PKS Achmad Yani Ingatkan Warga Tentang Dua Bekal Menuju Ramadhan

Aleg PKS Achmad Yani Ingatkan Warga Tentang Dua Bekal Menuju Ramadhan

by admin
Spread the love

ayani-2

Ramadhan merupakan bulan rahmat, maghfirah dan pembebasan dari api neraka. Banyak kaum muslimin mendambakan kehadirannya. Dalam rangka menyambut bulan mulia ini, remaja masjid Al Hikmah bekerjasama dengan Pengurus Masjid dan DPC PKS Mampang Prapatan menggelar tarhib ramadhan yang menghadirkan KH. Bukhori Yusuf, MA dan juga mendatangkan anggota DPRD DKI jakarta H. Achmad Yani yang biasa dipanggil Bang Yani. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat (27/5) ini, berlangsung di masjid Al Hikmah jalan Bangka 2 Pela Mampang Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Bang Yani mengingatkan bahwa, “Kita harus menyambut kehadiran Ramadhan sebagai tamu dan bulan mulia dengan perasaan yang senang dan bahagia. Persiapkanlah diri dengan sebaik baiknya sebagai bekal untuk menghadapinya.” Beliau mengilustrasikan dengan seorang ulama besar yang dalam beberapa hari kedepan akan datang ke rumah kita, maka tentunya kita akan menyambut kedatangannya dengan sebaik baiknya. “Begitu juga dengan Ramadhan yang akan hadir di hadapan kita, maka kitapun harus mempersiapkan diri,” tambahnya.

Menurut Bang Yani, ada dua persiapan ataupun bekal yang perlu dilakukan jelang ramadhan. Pertama , Takholi yaitu membersikan diri dan jiwa kita dari perbuatan dosa dan hal hal yang dilarang Allah SWT. Seperti halnya ketika kita menerima tamu seorang ulama besar yang akan hadir ke rumah kita tentunya kita akan membersihkan rumah dan lingkungan  serta diri kita. Apalagi jika bulan Ramadhan yang akan hadir, maka sudah seharusnya kita bersihkan diri kita dari perbuatan dosa.

Kedua persiapan Tahalli yaitu kita isi dan hias serta kita percantik diri kita. Sambutlah tamu yang hadir kerumah kita dengan pakaian yang terbaik,  jika perlu kita gunakan parfum yang terbaik pula. Ramadhan juga sebagai tamu maka harus kita isi dan kita hiasi diri dengan amal sholih, baik ibadah yang wajib maupun ibadah sunnah. Perbanyaklah ibadah sunnah  seperti sholat tarawih, tilawah Qur’an, berdzikir, berdoa, shodaqoh dan ibadah sunah lainnya.

Di akhir sambutannya Bang Yani kembali menegaskan bahwa, “Mari kita sambut Ramadhan dengan ucapan Marhaban Ya Ramadhan, semoga Allah memberikan keberkahan dan memanjangkan umur kita sehingga kita bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini dan tahun berikutnya.  Manfaatkan hari hari Ramadhan dengan mengoptimalkan ibadah, ikuti pendidikan Ramadhan yang telah dipersiapkan Allah SWT dengan sebaik – baiknya dari awal hingga akhir. Semoga Allah membentuk diri kita menjadi orang yg bertakwa, Aamiin.”

You may also like

Leave a Comment