Home Nasional Survei Litbang Kompas : PKS Mendapat Kenaikan Elektabilitas

Survei Litbang Kompas : PKS Mendapat Kenaikan Elektabilitas

by admin
Spread the love

Hasil survei elektabilitas partai politik papan atas masih belum banyak berubah, posisi tiga besar masih belum bergeser. Meski posisi ketiga parpol itu tak berubah, tren ketiga partai besar tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan survei Litbang Kompas April 2021.

Di papan tengah, keadaannya berbeda dengan papan atas. Posisi di papan tengah justru banyak berubah dan dinamis. Ibarat balapan, parpol papan tengah salip menyalip. Dalam survei teranyar ini, PKS yang menempatkan diri sebagai oposisi mendapat kenaikan tingkat keterpilihan. PKS meraih tingkat elektabilitas di angka 6,7 persen, padahal pada April lalu, elektabilitas PKS hanya 5,4 persen.

Survei ini dilakukan lewat wawancara tatap muka pada 26 September-9 Oktober 2021. Wawancara dilakukan kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD PKS Jakarta Selatan, Al Mansyur Hidayatullah mengungkapkan rasa syukurnya. “Terima kasih atas kepercayaan rakyat Indonesia secara umum dan khususnya Jakarta Selatan. Kami akan jaga amanah ini. Untuk Jakarta Selatan angka elektabilitasnya insyaAllah akan lebih baik,” ujar Al Mansyur.

You may also like

Leave a Comment