Home Nasional Gesang Utari : Semua Harus Hadir Untuk Anak – Anak yang Yatim Piatu Karena Pandemi Covid

Gesang Utari : Semua Harus Hadir Untuk Anak – Anak yang Yatim Piatu Karena Pandemi Covid

by admin
Spread the love
Ibu Gesang Utari, Ketua BPKK PKS Jaksel

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), Ibu Gesang Utari menyatakan bahwa terdapat peningkatan jumlah kematian akibat Covid-19 yang mana berdampak pada jumlah anak yang kehilangan pengasuhan orangtua atau jadi yatim piatu.

“Perlu pendataan yang lebih serius tentang jumlah anak yatim piatu akibat kasus Covid-19. Dengan data spesifik jumlah anak yatim atau piatu, maka bisa kita prediksi dampak sosial jangka panjang termasuk anak yang kehilangan pengasuhan orangtua yang meninggal akibat Covid-19,” kata Gesang Utari, Jumat (23/7).

UUD 1945 menyatakan bahwa fakir miskin dan anak terlantar diperlihara olehh negara, ada juga Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 tahun 2017 yang mengatur tentang pelaksanaan pengasuhan, serta Permensos yang membahas turunan teknis PP tersebut. Dalam aturan itu, Gesang Utari menyebut anak-anak berusia 0-18 tahun yang kehilangan orangtua dan tidak memiliki keluarga lagi akan difasilitasi orangtua asuh oleh negara.

Selain itu, juga perlu didorong peran serta aktif masyarakat yang berniat untuk menjadi orangtua asuh. Anak – anak itu membawa keberkahan, harus kita jaga dan rawat dengan baik. Jangan hanya karena kesulitan urusan ekonomi karena pandemi covid, anak menjadi korban dan tertelantarkan. Masyarakat dan pemerintah harus hadir dan siap membantu kesulitan para anak – anak yatim atau piatu khususnya yangterkena dampak covid-19.

Melalui program orang tua asuh, Kita dapat menumbuhkan rasa gotong-royong dan terus memupuk rasa cinta kasih kepada sesama. Gotong-royong dan cinta kasih inilah juga akan dapat menjadi awal kebangkitan sebuah bangsa.

Program anak asuh anak – anak yatim yang orang tuanya meninggal karena covid dapat dilakukan juga dengan menggandeng beberapa perusahaan yang memberikan CSR-nya. Bagi Ibu Gesang Utari, dalam membangun sebuah kota atau negara, harus melibatkan semua stakeholder, tidak bisa berjalan sendirian.

Selamat Hari Anak Nasional, 23 Juli 2021

You may also like

Leave a Comment